Kailan adalah sayuran daun kedua yang saya sukai setelah Pakcoy. Rasa sayuran ini enak di lidah, tidak pahit, terasa segar dan ranum. Saya biasa memasak sayur kailan ini hanya dengan menumis sebentar hingga layu dengan bumbu irisan bawang putih dan sedikit garam. Rasanya sederhana, tapi bisa menambah nafsu makan loh.
                         
Saya sarankan sebaiknya kita mengetahui manfaat dari makanan yang kita makan. Sehingga badan kita tetap sehat dan tidak mudah sakit. Nah ketika saya mulai jatuh cinta dengan sayuran yang satu ini, saya mencari tahu dong manfaatnya.

Nah ini lah beberapa manfaat dari Kailan untuk kesehatan tubuh (http://manfaat.co.id/manfaat-sayur-kailan)
  1. Menurunkan resiko kanker
  2. Membantu menurunkan kolesterol
  3. Baik di konsumsi ibu hamil
  4. Membantu menjaga kesehatan kulit
  5. Membantu menurunkan berat badan
  6. Membantu menjaga kesehatan otak
  7. Membantu menurunkan resiko diabetes
  8. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  9. Membantu mencegah sembelit
  10. Mencegah anemia
  11. Mencegah pembekuan darah
  12. Membantu menjaga kesehatan mata


Ternyata Kailan yang sering saya makan, banyak sekali manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Apakah anda tertarik untuk lebih sering mengkonsumsi Kailan? Kalau saya sih suka banget makan sayur kailan ini.

Nah, karena harga sayuran di pasaran kadang berfluktuasi,  dan juga keamanan pangannya tidak selalu 100%  terjamin, saya menyarankan untuk menanam sendiri Kailan ini. Gampang ko nanamnya. Yang ingin berhemat dan sayuran yang lebih aman, bisa menanamnya sendiri dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Awalnya sayuran Kailan ini tumbuh tanpa sengajan di pekarangan rumah saya. Ada dua tanaman berdaun lebar, mulus permukaan daunnya serta agak mengkilap. Saya sempat mengira ini sejenis tanaman liar atau gulma.  Lalu saya coba bertanya ke beberapa teman, dan mencari tahu melalui internet. Ternyata yang awalnya saya sangka tanaman liar ini adalah sayuran daun yang bernama Kailan. Mungkin Kailan ini tumbuh karena terbawa dari kotoran burung yang jatuh di pekarangan rumah saya. Lumayan juga sih ga usah repot-repot nanam, hehe.

Dari dua tanaman Kailan ini, setiap tiga hari saya bisa memanen daunnya. Lumayan bisa dimasak untuk satu mangkok kecil. Masa hidup tanaman ini cukup lama juga, hampir 6 bulan saya bisa memetik daun dari dua pohon, sampai akhirnya pohon ini mati. Meskipun demikian, karena saya sangat menyukai sayuran ini, saya beberapa kali menanam lagi. Bukan ketidaksengajaan dari burung lagi yah, hehe.

Menanam sendiri Kailan ini  ternyata cukup mudah loh. Prinsipnya hampir sama seperti menanam Pakcoy. Silakan bisa baca disini Manfaat dari Kebaikan Pakcoy dan Kemudahan Menanamnya.
Perawatannya tidak merepotkan, paling sering-sering saja menyiangi gulma yang tumbuh disekitaran Kailan, supaya tidak berebutan nutrisi. Jadi Kailan yang ditanam tumbuh dengan sehat dan subur.


Menanam Kailan sendiri yuk di pekarangan kita, mudah ko ga sulit. Silakan di coba yaaa ...