Hari ini tepatnya tadi pagi, saya menonton film Indonesia di salah satu TV swasta yang berjudul “Fabulous Udin”. Meskipun nontonnya tidak fokus 100% karena diselingi dengan beres-beres rumah, namun disini saya menangkap kalimat menarik yang diucapkan tokoh Udin di film tersebut. Intinya kalimatnya seperti ini, “ Jika kita menginginkan sesuatu tidak bisa dengan pasrah dan berdoa saja, tapi kita harus bergerak melakukan sesuatu... karena dengan melakukan sesuatu maka proses doa yang kita panjatkan akan terkabul”.


Siang hari nya di hari yang sama juga, saya sempat mendengarkan ceramah Siraman Rohani Islam, disalah satu TV swasta juga. Dan disini  sekilas saya mendengar sang Ustad mengatakan, Apa yang sudah kita siapkan untuk hari esok”. Disini maksudnya hari esok adalah masa depan kita sebagai manusia di akhirat.

Saya memejamkan mata, dan saya tertidur, hehe (maklum karena aga capek habis beres-beres rumah). Kurang lebih sejam kemudian saya terbangun, dan saya membuka Face Book, di FB saya melihat  gambar dengan tulisan “Tak mudah untuk memahami diri sendiri, perlu waktu menatap lebih jauh dan lebih peka, bukan menatap keluar... tapi jauh kedalam diri sendiri”.

Sekarang adalah hari terkhir di Tahun 2016. Tidak terasa setahun begitu cepat berlalu. Saya membaca kembali apa yang pernah saya tuliskan di Blog ini di postingan  yang berjudul “Resolusi 2016”. 10 harapan yang saya tuliskan di Resolusi 2016, tidak tercapai 100%. Mungkin apa yang saya harapan yang saya tuliskan kurang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Timely).

Jika dibaca ulang apa yang saya tuliskan semuanya realistis, hanya saja untuk waktu mungkin tidak dapat dicapai atau diwujudkan dalam setahun. Selain itu usaha saya kurang gigih, saya menyadari itu. Kurang konsisten, tidak tahan banting dan banyak malasnya (instropeksi diri! ).

Dari resolusi yang bisa dicapai di Tahun 2016 ini diantaranya :
  • Berlibur ke tempat indah yang belum pernah saya kunjungi (Makassar, Pulau Bangka dan Palembang)
  • Sudah mengikuti kursus menyetir mobil untuk melancarkan, tapi belum bisa memiliki mobilnya , hehe. Semoga ada rejekinya di Tahun 2017 ini.
  • emampuan menulis belum sebagus para ahli menulis, tapi setidaknya ada peningkatan sedikit. (ups... harus lebih banyak latihan menulis )
  • Sisanya, semoga bisa tekabul di tahun selanjutnya , jika saya masih ada umur.

 Kembali ke tiga kalimat yang saya dengarkan dan baca hari ini dari film, ceramah ustad dan gambar di Fb, ketiga kalimat merupakan bahan renungan bagi saya. Saya menyadari sebagai individu masih banyak kekurangannya. Dalam urusan waktu saya sering menyia-nyiakan waktu untuk hal yang kurang bermanfaat. Pokoknya saya harus Lebih giat memperbaiki diri.

Ketiga kalimat yang saya baca hari ini,  akan saya jadikan resolusi untuk tahun 2017 esok,  ditambah resolusi yang belum tercapai di Tahun 2016, dan resolusi tambahan lainnya yang belum tertuliskan, hehe.

5 hal sebagai #Resolusiku2017:
  • Lebih giat lagi berdoa dan berusaha
  • Memperbanyak Instropeksi diri dan memperbaiki diri untuk bekal hari esok (akhirat)
  • Mewujudkan sisa Resolusi 2016 di Tahun 2017 dengan SMART GOALS
  • Menabung supaya bisa traveling ke Luar Negeri (aamiin)
  • Mengurangi mengeluh dan berbicara hal yang tidak bermanfaat
Dari 5 hal tersebut diatas, Resolusi 2017 yang paling ingin saya wujudkan adalah Menabung supaya bisa traveling ke luar negeri. Alasanya adalah saya ingin melihat dunia. Saya perah ke luar negeri ketika umroh dulu di tahun 2012 lalu. Jika tahun 2017 ini saya bisa ke luar negeri, saya ingin bisa umroh lagi atau jalan-jalan ke negara lain yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Saya suka traveling karena saya merasa lebih hidup dan lebih bahagia serta merasa lebih dekat dengan Allah. Karena traveling saya bisa melihat Maha Karya yang mempesona ciptaan Allah Yang Maha Kuasa.

Itulah lima hal di #Resolusiku2017, semoga Allah mewujudkannya untuk saya, dan saya bisa berusaha untuk mewujudkannya. Aamiin.



Tulisan ini diikutkan dalam 
"Hidayah-Art First Giveaway "Resolusi Tahun 2017 Yang Paling Ingin saya Wujudkan"