Kutipan Kalimat yang Memotivasi & Menginpirasi

Forrest Gump, film yang sangat mengispirasi. Film terbaik meraih penghargaan Oscar. Banyak  hikmah yang bisa dipetik, memotivasi dan menginspirasi. Pokoknya film terbaik yang pernah saya tonton. Ini film "Gue Banget". Karena film ini benar-benar memberikan pencerahan. Kalau ditanya "What movie are you? ... The Answer is I am "Forrest Gump" (ahahah)



Film Forrest Gump merupakan film drama, yang isinya merupakan perjalanan hidup seorang laki-laki. Sewaktu kecil Forrest Gump memakai alat bantu di kakinya untuk bisa berjalan. Tapi, karena sering di bully oleh anak-anak nakal , akhirnya dia bisa terlepas dari alat bantu kaki itu, sehingga dia bisa berlari , berlari dan terus berlalri dengan sangat cepat. 

Ketika masuk usia sekolah, Forrest Gump dianggap anak yang memiliki IQ rendah, namun karena pengorbanan ibunya, Forrest bisa masuk ke sekolah terbaik . Meskipun dianggap memiliki IQ rendah, tapi perjalanan hidup Forrest Gump ini begitu luar biasa.

Forest Gump sadar bahwa dia tidak merasa pintar, kalimat yang selalu diucapkannya " Stupid is as Stupid does". Jadi dia memang merasa akan selalu menjadi orang bodoh. Namun meskipun demikian, dia berhasil menjadi orang yang sukses, dan semua harapannya tercapai.

Dari kegemarannya  berlari, Forrest secara tidak sengaja melintas di tengah-tengah pertandingan Football, dari situ dia  mendapatkan keberuntungan dapat diterima kuliah di universitas terbaik  yang ada di Amerika. Keberuntungan kedua adalah ketika dia memasuki dunia militer, dia ikut berperang dan berhasil menyelamatkan teman-temannya dari peperangan dan dia dianugrahi penghargaan oleh presiden Amerika saat itu Jhon F. Kennedy. Dari dunia militer ini dia mempunyai  sahabat. Sahabat yang bernaman Bubba, Bubba memiliki cita-cita menjadi kapten di kapal penangkap Udang. Namun, cita-cita Bubba tidak tercapai, karena dia gugur di medan perang. Namun, Forest Gump berjanji, dia akan mewujudkan cita-cita Bubba ini. dan Akhirnya Forrest Gump pun menjadi Orang yang sangat Kaya Raya. 

Setelah mendapatkan penghargaan karena berjasa di medan perang. Forrest Gump ditugasi menghibur para veteran perang yang terluka. Disini Forrrest mulai meyukai olahraga pingpong Dari sini dia rajin berlatih, dan akhirnya bisa menjadi juara dunia pingpong.

Dalam hal percintaan, Forrest Gump  mencintai sahabat perempuannya sewaktu dia kecil yang bernama Jenny. Untuk mendapatkan cintanya ini tidaklah mudah. Meskipun Jenny termasuk anak yang bermasalah, sering gonta-ganti pacar, pecandu narkoba juga, tapi Forrest tidak pernah berpaling ke lain hati. Dia tetap setia menanti Jenny. Dan pada akhirnya penantiannya tidak sia-sia, akhirnya dia bisa mendapatkan Jenny sebagai istrinya. Namun demikian kebahagian bersama Jenny tidak berlangsung lama. Tapi dia tidak menjadi orang yang patah semangat, dia menjadikan anaknya sebagai motivasi untuk dia tetap bisa hidup dengan baik.

Banyak hal positif yang bisa kita petik dari fim Forret Gump ini, terutama untuk saya pribadi. 

"You Have to do The Best with what God Gave You", memang dalam hidup yang hanya satu kali kita harus bisa melakukan yang terbaik untuk mengisi hidup kita. Jangan sampai kita menjadi orang yang rugi dan menyesal di kemudian hari karena sudah menyia-nyiakan hidup. Kita harus berusaha menjadi lebih baik  dalam segala hal dengan potensi yang Tuhan berikan untuk kita. Jadikan hidup, menjadi bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.  Ciptakanlah karya terbaik yang bisa kita wariskan setelah kita tidak ada.

Dari Kisah Forrest Gump ini, saya  juga melihat pengorbanan seorang ibu untuk anaknya. Begitu besar pengorbanan ibu. Begitu banyaknya nasihat ibunya Forrest Gump supaya anaknya bisa mnjalani hidup dengan baik.  Dan tidak sia-sia juga sang Ibu berkorban dan memberi nasihat, karena semuanya itu berbuah hasil Forrest Gump menjadi orang yang baik, sukses dan terkenal. 

Karena kisah ini, saya jadi teringat ibu sendiri. Ibu saya sudah berkorban sangat besar untuk membesarkan saya sehingga menjadi seperti  sekarang ini. Dan itu pastilah tidak mudah.  Ibu juga selalu emberi nasihat  yang baik untuk saya. Ibu adalah segalanya bagi saya. Saya tidak akan dapat membalas semua pengorbanan dan kebaikannya. Saat ini saya hanya bisa mendoakan ibu khususnya dan juga Ayah , semoga  mereka berdua selalu diberikan kesehatan, kecukupan rizki, kebahagiaan dunia dan akhirat. Dan saya juga selalu berdoa semoga saya bisa menjadi jalan untuk kebahagiaan kedua orang tua saya. Bisa menjadi anak yang berbakti untuk mereka. Bisa berkumpul kembali suatu saat di surga, jika kelak kami semua sudah meninggal dunia.

Google Image : Forrest Gump Quotes
Hal lainnya yang menarik perhatian saya di Film ini " Life is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get". Emang betul juga sih, kita tidak pernah tau apa yang akan kita dapatkan. Kita sebagai manusia hanya bisa berencana, dan berusaha, yang didiringi dengan doa. Namun pada akhirnya hanya Tuhanlah yang tau, apa yang akan kita dapatkan. Tapi disini juga mengajarkan kepada kita untuk tidak berputus asa. Ya itu tadi "Run... Forrest... Run. Forrest", jadi ketika kenyataan tidak sesuai harapan,, jangan patah semangat. teruslah berlari untuk mencapai apa yang kita cita-citakan.

Kisah Forrst Gump yang lainnya mengajarkan "You Got to Put The Past Behind You, before You Can Move On".  Kadang saya terlalu tenggelam dengan masa lalu. Selalu dihantui dengan perasaan bersalah, atau pengalaman yang tidak mengenakan, sehingga selalu bergentayangan di fikiran saya. Melihat kalimat di film Forrest Gump ini mengingatkan saya untuk tidak tenggelam dengan masa lalu, untuk melupakan hal-hal yang memang harus dilupakan, baik itu pengalaman tidak menyenangkan ataupun perbuatan yang kurang baik yang pernah saya lakukan. Saya tekadkan  dalam diri untuk bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik. Terlepas apakah saya bisa atau tidak, pokoknya "Sabisa-bisa, kudu bisa, pasti bisa" (mengutip dari Pak Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan)

Google Image : Forrest Gump Quotes 
Tadi diawal saya bilang film ini "Gue Banget", bukan maksudnya saya mirip Forrest Gump loh, tapi disini ada cerita Jenny kecil sedang berdoa " Dear God, make me a bird, so I can fly far, away from here". Itu adalah salah satu cita-cita dalam setiap doa saya, tapi saya tidak berdoa minta  jadi burung lo (tar dimakan kucing lagi,, haha) . Salah satu cita-cita saya adalah suatu saat saya  bisa terbang keliling dunia mengunjungi tempat-tempat yang indah ciptaan Allah. Cita-cita ini pernah saya sampaikan ketika ditanya apa cita-cita mu? dalam suatu pelatihan penyegaran FK/FT ketika saya masih berkerja di PNPM-MP dulu. Mudah-mudahan doa saya tercapai, karena teman-teman waktu itu banyak yang meng"Aamiin" kan... hehe.

Google Image : Forrest Gump Quotes
Kisah lain yang menarik dari Forres Gump, adalah kisah  cintanya Forrest Gump, membuat saya terharu. Begitu setianya dia pada Jenny sahabatnya. Saya juga belum menemukan "Cinta Sejati" sampai saat ini sih, tapi bukan berarti saya menjadi orang yang merana atau paling menderita di dunia. Saya yakin saya akan mendapatkan cinta itu, seperti halnya Forret yakin akan mendapatkan cinta Jenny ( ahhumm). Positive Life come from Positive mind. Itu yang menguatkan saya,

Sungguh sangat menginspirasi dan memotivasi film Forrest Gump ini. Forrest dianggap orang yang IQ nya rendah tapi bisa sukses. lalu kenapa yang IQ nya normal atau diatas rata-rata, ada yang tidak sukses. Sukses itu memang relatif, dan makna sukses bagi tiap orang juga berbeda-bed sih. Namun disini yang digaris bawahi dari film ini, khususnya untuk motivasi diri, dalam hidup kita memang harus mencatatkan apa yang ingin kita capai. Terlepas itu terwujud atau tidak. Jangan pedulikan orang-orang yang menganggap, "Mimpimu terlalu muluk-muluk", "Cita-citamu tidak akan tercapai", atau "Gak mungkinlah" dan lain sebagainya.. anggaplah suara-suara sumbang saja.  Yakin saja pada Allah, minta saja pada Allah. Insya Allah tercapai.

Google Image : Forrest Gump Quotes

Dari kisah di Film, untuk seorang Forrest Gump  yang IQ nya rendah menuliskan "To Do List" seperti itu tampaknya mustahil untuk dicapai. Tapi ternyata dia bisa mewujudkan semuanya tanpa dia sadari. Apakah ini takdir?  kebetulan? atau bagaimana? .  Forret Gump juga merasa bingung, kok bisa ya? (kata dia). "I don't know if we each have destiny or if we all just floating around accidental - like on a breeze, But I, I think maybe it's both, its happening at the same time".  

Nah kita pasti pernah mengalami hal yang seperti itu bukan? Seperti misalnya saya, saya tidak bercita-cita jadi PNS, tapi yang pasti takdir saya adalah menjadi PNS karena hal ini terjadi. Bukan berarti karena bukan cita-cita, kerja jadi asal-asalan loh. Tapi ingat tadi "You have to do the Best with what God gave You". Tuhan sudah memberikan amanah menjadi PNS, maka saya harus "Do The Best". (Itu contoh ya, hehe). Minimal bisa mengamalkan Paca Prasetya Korpri. ( aamiin)

Begitu  banyak hikmah yang bisa saya petik dari film Forrest Gump ini, 

Intinya, "Do The Best in Life and Have Good After Life" itu motivasi hidup saya yang terbaru, Semoga juga bisa memotivasi teman-teman yang lainnya juga.